Sabtu, 20 Juli 2019

Virtual Coordinator Training (VCT): Upgrade Kemampuan Guru untuk Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad 21


Indikator tantangan pendidikan abad 21 dapat kita lihat dari pembelajaran sebagai proses pendidikan. Guru sebagai pendidik harus dapat mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa, bersifat kaloboratif, kontekstual dan berintegrasi dengan masyarakat. Dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, guru memiliki peranan penting dalam mewujudkan  masa depan anak bangsa yang lebih baik sehingga diperlukan guru yang kompeten untuk menjawab tantangan tersebut.
Tugas guru tidaklah mudah, guru diharapkan mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to life together. Keempat hal tersebut menuntut seorang guru kreatif, belajar secara tekun dan harus mampu untuk meningkatkan kemampuannya, berdasarkan tuntutan tersebut seorang guru tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai produk tetapi tuntutan proses, jadi guru tidak hanya bermodal tahu tetapi guru juga ikut andil dan memahami dalam berbagai disiplin ilmu yang ditekuni.

Dengan demikian, diharapkan guru mampu menyiapkan anak didik untuk memiliki kecakapan abad 21  yakni Critical thinking (berpikir kritis dan analitis), Creative and innovative (kreatif dan inovatif), Communicative (komunikatif) dan Caloborative (Kolaboratif). Tentunya hal tersebut harus bermula dari kualitas guru itu sendiri. Dewasa ini, munculnya generasi milenial dengan ciri tidak bisa dilepaskan dari teknologi terutama internet dengan media sosial sebagai gaya hidup modern menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Guru dituntut untuk melek teknologi terbaru yang berkembang dewasa ini. Oleh karena itu, mengikuti kegiatan Pelatihan online VCT yang diadakan SEMEO merupakan upaya guru untuk meng-upgrade dan menyesuaikan diri dengan tuntutan kemajuan teknologi tersebut.

Deskripsi kegiatan VCT BATCH 5

Materi Pelatihan :
💠 Membuat google form & digital flyer.
💠 Teknik menulis narasi kegiatan yg menarik.
💠 Mengkreasi & mengelola room webex.
💠 Merekam & mengunggah kegiatan pelatihan pada you tube channel.

Persyaratan peserta :
💠 Memiliki kemauan untuk belajar & berbagi.
💠 Memiliki laptop/tablet/ HP Android.
💠 Memiliki jaringan internet yang stabil.

Manfaat VCT :
💠 Mahir mengelola room webex.
💠 Berbagi wawasan & pengetahuan baru.
💠 Mendapatkan sertifikat lulus dari SEAMEO (39 JP).
💠 Mendapatkan kesempatan menjadi instruktur pelatihan VCT selanjutnya.

Pendaftaran dibuka:
10 s.d 30 Juli 2019

Rentang waktu pelatihan:
01 s.d 31 Agustus 2019

Melalui:
http://bit.ly/pendaftaran-batch5-jabar

Nara hubung:
- Dini 0877 22827 625
- Reny 0852 23883 993
- Enung 0813 20555 154
- Farida 0819 1063 9303

Peningkatan kapasitas guru merupakan kewajiban yang harus dilakukan karena perubahan zaman khususnya teknologi begitu cepat. Cara peningkatan kapasitas pun tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi kekinian yaitu zaman digital. Oleh kerena itu, mengikuti kegiatan VCT merupakan langkah awal guru untuk memulai era baru pendidikan yang lebih modern dan maju.


Kamis, 20 Maret 2014

PERCOBAAN FISIKA ROKET AIR

Roket air adalah salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi.
Istilah "aquajet" telah digunakan di bagian Eropa, namun lebih dikenal umum dengan "roket air" dan di beberapa tempat mereka juga disebut sebagai "roket botol" (yang dapat membingungkan sebagai tradisional istilah ini merujuk pada sebuah kembang api di tempat lain).
Mesin roket air yang paling umum digunakan untuk mendorong model roket, tetapi juga telah digunakan pada model perahu, mobil, dan roket-dibantu glider[1] Roket air juga populer di sekolah percobaan sains.

Cara Pembuatan Roket Air Sederhana :
Alat dan Bahan
  1. 2 buah botol bekas air mineral, lebih baik lagi yang bekas soda karena lebih kuat
  2. Pipa paralon 1/2 inch, panjangnya kira-kira 1 meter
  3. Pipa paralon 1 inch, kira-kira 10 cm
  4. Lembaran polycarbonate (dipakai untuk atap kanopi) atau bisa pula styrofoam dan kardus bekas, tetapi cepat rusak.
  5. 10-11 cable ties (pengikat kabel) ukuran besar
  6. Pentil (air intake) sepeda motor
  7. Potongan karet ban dalam
  8. Penutup pipa paralon (dop; yang tanpa ulir) ukuran 1/2 inch
  9. Kertas koran, lakban bening, lakban hitam tebal, double tape
  10. Gunting, cutter, penggaris, lem paralon, serta lem super
Download tutorial lebih lanjut di sini
Untuk tutorial videonya bisa di check di youtube pada link : http://www.youtube.com/watch?v=QusFzxkG5vo

CONTOH SERTIFIKAT PESERTA MASA ORIENTASI SISWA (MOPD) MA

Masa Orientasi Peserta Didik atau disingkat MOPD merupakan salah satu kegiatan penerimaan peserta didik baru yang diselenggarakan  oleh setiap sekolah pada awal tahun ajaran. kegiatan ini dilaksanakan tentunya dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah kepada seluruh calon peserta didik.
Untuk lebih lanjut memahamimengenai kgiatan MOPD silahkan unduh pedoman pelaksanaan kegiatan MOPD pada Link berikut ini
https://docs.google.com/file/d/0B8n0w4QJcBS0ZE1ZSWUyQnZMM00/edit?pli=1

Dan dibawah ini merupakan contoh sertifikat bagi peserta MOPD :
DOWNLOAD SERTIFIKAT

Sabtu, 14 Desember 2013

UJIAN AKHIR SEMSETER (UAS) GASAL 2013-2014 MAPEL BIOLOGI

MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA MADRASAH ALIYAH
MK2MA
ULANGAN SEMESTER GANJIL T.A 2013/2014
DAFTAR HASIL BELAJAR SISWA
NAMA MADRASAH          : AL-HUSNA CISALAK                 KELAS          : XII-IPA
MATA PELAJARAN         : BIOLOGI                                                                                                                  
NO
NILAI ULANGAN
KET
N.UTS
N.UAS
N.REM
N.U
1
64
43.5

50.33
R
2
60
35.5

43.67
R
3
68
53

58.00
L
4
79
48

58.33
L
5
73
55.5

61.33
L
6
56
41

46.00
R
7
48
34

38.67
R
8
82
67.5

72.33
L
9
77
61.5

66.67
L
10
52
40.5

44.33
R
11
68
33.5

45.00
R
12
57
41

46.33
R
13
70
38

48.67
R
14
85
66

72.33
L
15
68
46

53.33
R
16
75
58.5

64.00
L
17
89
71

77.00
L
18
47
38.5

41.33
R
19
68
43.5

51.67
R
20
41
43

42.33
R
21
65
40

48.33
R






MUSYAWARAH KELOMPOK KERJA MADRASAH ALIYAH
MK2MA
ULANGAN SEMESTER GANJIL T.A 2013/2014
DAFTAR HASIL BELAJAR SISWA
NAMA MADRASAH          : AL-HUSNA CISALAK                 KELAS          : XI-IPA
MATA PELAJARAN         : BIOLOGI               
NO
NILAI ULANGAN
KET
N.UTS
N.UAS
N.REM
N.U
1
72
65.5

67.67
L
2
47
48.5

48.00
R
3
56
46.5

49.67
R
4
52
51

51.33
R
5
68
49.5

55.67
R
6
68
61

63.33
L
7
66
54.5

58.33
R
8
37
43

41.00
R
9
57
55

55.67
R
10
71
63.8

66.20
L
11
91
70

77.00
L
12
67
56

59.67
L
13
43
54.5

50.67
R
14
68
58

61.33
L
15
33
30.5

31.33
R
16
51
67.5

62.00
L
17
56
51

52.67
R
18
87
81.5

83.33
L
19
72
71

71.33
L
20
65
58

60.33
L
21
36
38

37.33
R
22
46
55.5

52.33
R
23
37
37.5

37.33
R
24
68
54.5

59.00
L
25
44
39

40.67
R
26
34
44.5

41.00
R


VIRTUAL COORDINATOR TRAINING (VCT BATCH 6) WILAYAH JAWA BARAT

PENDAFTARAN VIRTUAL COORDINATOR TRAINING (VCT BATCH 6)  WILAYAH JAWA BARAT Oleh: Septian Nugraha Virtual Coordinator Training (V...